Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai

Kepengecutan yang paling besar adalah ketika kita membuktikan kekuatan kita kepada kelemahan orang lain.
-Jacques Audiberti-

Sistem Mata Pencaharian Masyarakat di Desa Sei Nagalawan

by Unknown , at 10.59 , has 0 komentar
Mata pencaharian merupakan suatu aktifitas usaha yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada banyak bentuk yang dilakukan oleh orang sebagai mata pencahariannya. Lingkungan dimana tempat mereka tinggal juga memberikan pengaruh yang cukup besar mengenai karakteristik mata pencaharian yang dijalankan oleh mereka, seperti pada daerah pedesaan dimana umumnya mereka hidup dengan mengandalkan hasil agraris seperti bertani dan juga memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungannya seperti nelayan yang memanfaatkan laut untuk mencari ikan guna untuk kebutuhan hidupnya. Sistem mata pencaharian tradisional merupakan berbagai macam sistem ekonomi yang hanya terbatas pada sistem - sistem yang bersifat tradisional saja, terutama dalam rangka perhatian terhadap kebudayaan sesuatu suku bangsa secara holistik. Menurut Koentjaraningrat (1972:32) menyebutkan adanya Berbagai sistem mata pencaharian, antara lain:

  • nelayan
  • berburu dan meramu
  • perikanan
  • bercocok tanam di ladang
  • bercocok tanam menetap
  • peternakan, dan perdagangan.


Sistem mata pencaharian hidup masyarakat di Desa Sei Nagalawan umumnya adalah sebagai nelayan tradisional yang memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Desa Sei Nagalawan khususnya pantai yang mereka jadikan sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti yang dikatakan oleh Koentjaraningrat (1972:33) di samping berburu dan meramu , mencari ikan juga merupakan suatu mata pencaharian hidup makhluk manusia yang amat tua. Manusia zaman purba yang kebetulan hidup di dekat sungai, danau atau laut, pokoknya yang di dekat air telah mempergunakan sumber alam itu untuk keperluan hidupnya. Waktu manusia mengenal bercocok tanam, mencari ikan sering dilakukan sebagai mata pencaharian tambahan. Sebaliknya, masyarakat nelayan yang mencari ikan sebagai mata pencaharian hidupnya yang utama, di samping itu toh juga bertani atau berkebun. 

Di Desa Sei Nagalawan terdapat program kerja yang dilakukan oleh Kepala Desa guna untuk meningkatkan sistem mata pencaharian hidup masyarakat Desa Sei Nagalawan khususnya dalam mengembangkan pusat kerajinan tangan, yaitu menganyam tikar purun yang merupakan salah satu mata pencaharian lain yang dilakukan oleh para isteri nelayan. Program kerja tersebut juga dilakukan untuk peningkatan kapasitas dan kegiatan menganyam tikar purun dengan membuat pengelompokkan para pengrajin sehingga lebih memudahkan dalam hal koordinas i terhadap kebutuhan yang mereka butuhkan serta dalam hal pendatangan bahan baku yakni tanaman purun yang sudah mulai sulit untuk ditemukan. Namun, program kerja tersebut tidak berlangsung lama dan hanya mampu bertahan pada masa kepemimpinan Kepala Desa Umar saja. Sementara itu, Kepala Desa yang menjabat sekarang ini tidak memiliki program kerja yang dapat meningkatkan sistem mata pencaharian hidup di Desa Sei Nagalawan khususnya dalam menganyam tikar purun yang disebabkan karena mulai sulitnya mendapatkan bahan baku yaitu tanaman purun, kalaupun ada harganya juga akan menjadi mahal. Oleh karena itu, yang menjadi pengrajin anyaman tikar purun adalah beberapa orang saja itu pun bagi mereka yang memiliki cukup modal untuk membeli bahan bakunya. 

Dengan tidak adanya program kerja yang dilakukan oleh Kepala Desa Sei Nagalawan guna untuk meningkatkan sistem mata pencaharian hidup mereka, masyarakat desa tersebut berusaha untuk mengembangkan sendiri sistem mata pencahariannya dengan sistem pengetahuan yang dimiliki , meskipun pengetahuan yang mereka miliki cukup terbatas. Akan tetapi, mereka tetap terus untuk mempertahankan kerajinan tangan yang dimiliki yang merupakan peninggalan dari nenek moyang. Sampai sekarang ini pun mereka mampu mengembangkan anyaman tikar purun dan juga melaut tanpa ada peran maupun bantuan dari Pemerintah Daerah khusunya dari Kepala Desa Sei Nagalawan.
Sistem Mata Pencaharian Masyarakat di Desa Sei Nagalawan
About
Sistem Mata Pencaharian Masyarakat di Desa Sei Nagalawan - written by Unknown , published at 10.59, categorized as Sejarah . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 DESA SEI NAGALAWAN by
Modified by Idi suwardi, Original by Damzaky