Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai

Kepengecutan yang paling besar adalah ketika kita membuktikan kekuatan kita kepada kelemahan orang lain.
-Jacques Audiberti-

Sarana Fisik Desa Sei Nagalawan

by Unknown , at 11.19 , has 0 komentar
Sarana fisik merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sarana fisik merupakan sarana umum yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari - hari, khususnya yang berhubungan dengan kepentingan umum. Di Desa Sei Nagalawan yang meliputi 3 (tiga) dusun Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai terdapat sarana - sarana fisik yaitu antara lain:

  • sarana kesehatan 
  • sarana pendidikan 
  • sarana ibadah 
  • sarana transportasi 
  • sarana hiburan, dan 
  • sarana perdagangan 

Sarana Kesehatan 
Di Desa Sei Nagalawan terdapat 1 (satu) sarana kesehatan, sarana kesehatan tersebut berupa balai pengobatan yang biasanya ditangani oleh bidan. Saran kesehatan tersebut yang selalu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengobati segala macam penyakit mereka yang letaknya di dusun I dengan jarak ± 2 km dari Desa Sei Nagalawan. Sarana kesehatan tersebut juga sellu dikunjungi oleh masyarakat setempat jika mereka mengalami keluhan - keluhan seperti demam, batuk serta flu. Jika balai pengobatan tersebut tidak mampu menangani penyakit mereka yang tergolong cukup parah maka akan disarankan untuk dibawa ke rumah sakit yang letaknya di Perbaungan dengan jarak tempuh ± 11 km dengan perjalanan 1 jam.

Sarana Pendidikan 
Sarana pendidikan di Desa Sei Nagalawan masih sedikit. Hal tersebut dikarenakan jarak yang mereka tempuh cukup jauh yang memerlukan alat transportasi. Disamping itu, karena keterbatasan ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Sei Nagalawan, sehingga banyak diantara mereka yang tidak mampu untuk membayar pendidikannya bahkan ada yang tidak bersekolah sama sekali yang mengakibatkan perekonomian mereka tidak pernah maju karena masyarakat yang tinggal di Desa Sei Nagalawan masih banyak yang buta huruf. Oleh karena itu, sarana pendidikan yang terdapat di Desa Sei Nagalawan masih sangat sedikit. Dengan demikian, pemerintah hanya dapat membantu melalui pembangunan sekolah untuk memudahkan masyarakat di Desa Sei Nagalawan agar dapat bersekolah tanpa membayar biaya apapun, tetapi tanpa menyediakan fasilitas yang lengkap bagi anak - anak di Desa Sei Nagalawan.

Pembangunan Mesjid Dusun III Desa Sei Nagalawan

Sarana Ibadah 
Jumlah sarana ibadah yang terdapat di Desa Sei Nagalawan yakni dusun 3 (tiga) adalah 4 (empat) buah bangunan yang terdiri dari 1 (satu) mesjid, 1 (satu) mushollah dan 2 (dua) gereja. Namun, walaupun demikian mereka tetap menjalankan ibadahnya sesuai dengan agama dan kepercayaan masing - masing. Jumlah sarana ibadah yang terdapat di Desa Sei Nagalawan memang tidak banyak, karena biaya yang mereka butuhkan untuk membangun sarana ibadah tidaklah ada. Disamping itu, pemerintah tidak pernah tahu dengan kondisi masyarakatnya, apalagi dengan kebutuhan-kebutuhan fisik yang diperlukan oleh masyarakat di Desa Sei Nagalawan.
Sarana Transportasi 
Sarana transportasi yang terdapat di Desa Sei Nagalawan berupa alat angkutan umum (angkot), becak mesin dan ojek. Perjalanan menuju Desa Sei Nagalawan ± 45 menit dengan jarak tempuh 8 km dari simpang Sei Buluh. Dari simpang Sei Buluh menuju Desa Sei Nagalawan menggunakan becak mesin ataupun ojek dengan tarif Rp 15.000;00/orang. Sementara itu, sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat di Desa Sei Nagalawan adalah berupa sepeda motor karena sebahagian masyarakat di desa ini memiliki kendaraan sendiri untuk melakukan aktivitas mereka masing-masing.

Sarana Hiburan dan Komunikasi
Sarana hiburan yang terdapat di Desa Sei Nagalawan berupa Tv dan Radio dan Handphone sebagai alat komunikasi yang hampir semua penduduk desa memiliki sarana tersebut. Selain itu, jika ada pesta perkawinan tidak lagi menggunakan musik tradisional yang mereka tampilkan tetapi sudah menggunakan keyboard, dan jika ada kemalangan mereka hanya melakukan semacam perkumpulan seperti kenduri bagi yang beragama islam. Sarana hiburan tersebut sudah berlangsung lama tanpa ada membeda-bedakan suku diantara mereka. Sarana hiburan lain yang mereka miliki adalah pantai, karena lokasi tempat tinggal mereka yang juga dijadikan sebagai tempat wisata bagi mereka yang jika pada hari libur selalu ramai dikunjungi tidak hanya dari desa tersebut saja tetapi juga dari luar tempat tinggal mereka.

Sarana Perdagangan
Sarana perdagangan yang mereka miliki hanya berupa kedai/toko kelontong yang bentuknya juga sangat sederhana dan itu merupakan milik pribadi. Kedai/toko kecil tersebut menjual makanan, minuman, rokok, sandal, obat-obatan dan juga sayur-sayuran seadanya. Sarana perdagangan tersebut mereka buat karena jarak pasar dengan tempat tinggal mereka sangat jauh yang disebut dengan Pasar Bengkel yang juga menjual segala jenis kebutuhan mereka.
Sarana Fisik Desa Sei Nagalawan
About
Sarana Fisik Desa Sei Nagalawan - written by Unknown , published at 11.19, categorized as Sejarah . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 DESA SEI NAGALAWAN by
Modified by Idi suwardi, Original by Damzaky