Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai

Kepengecutan yang paling besar adalah ketika kita membuktikan kekuatan kita kepada kelemahan orang lain.
-Jacques Audiberti-

Hubungan Sosial Pada Masyarakat Desa Sei Nagalawan

by Unknown , at 11.43 , has 0 komentar

Hubungan Sosial Pada Masyarakat Desa Sei Nagalawan. Manusia sebagai makhluk sosial harus dapat mempergunakan pikiran, perasaan dan kehendak agar dapat menyesuaikan diri serta berhadapan dengan lingkungan hidupnya. Untuk itu ia harus berhubungan dengan individu lain, baik di dalam keluarga maupun dengan kelompoknya. Hubungan yang terjadi an tara individu dengan individu atau antara individu dengan kelompok yang menyangkut hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi dan juga mempunyai kesadaran untuk menimbulkan sikap tolong menolong sesame manusia. Dengan demikian hubungan sosial merupakan hubungan antara dua individu atau lebih yang melibatkan sikap, nilai maupun harapan di dalam mencapai kebutuhan sehari - hari.

Hubungan sosial pada masyarakat di Desa Sei Ngalawan terjadi berdasarkan pada sistem kekerabatan yang juga berdasarkan pada sistem kekeluargaan. Sistem kekerabatan yang terjalin selama ini membuat hubungan sosial mereka bertambah erat dan sangat mengutamakan nilai - nilai yang terdapat di dalamnya, seperti: nilai gotong royong dan rasa tolong menolong yang sangat tinggi pada diri, meskipun tidak semua masyarakat di Desa sei Nagalawan bersuku bangsa Banjar. Sebagai nelayan tradisional, di antara mereka tidak pernah terjadi konflik dan sangat senang menjalani hidupnya yang kebanyakan masyarakat yang tinggal di Desa Sei Nagalawan bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional.

Hubungan sosial yang terjalin di antara mereka juga didasarkan pada hubungan kerja sama dalam meningkatkan dan mengembangkan desa. Meskipun, kepala desa mereka tidak pernah ikut membantu dalam mengembangkan desa dan tidak pernah tahu bagaimana kondisi dari masyarakatnya. Hal ini juga mengakibatkan masyarakat di Desa Sei Nagalawan untuk bekerja sama saling membantu guna untuk mengembangkan dan merawat desa agar dapat bertahan guna untuk kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

Hari Ibu 22/12/2013 di Lapangan Merdeka Oleh Ibu-ibu Nelayan Desa Sei Nagalawan


Adanya hubungan sosial yang terjalin pada masyarakat di Desa Sei Nagalawan membuat hubungan mereka menjadi sangat erat, meskipun kehidupan yang dijalani penuh dengan kesulitan khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan keluarga. Seperti yang diketahui kehidupan nelayan sangat diidentikkan dengan kemiskinan. Namun, walaupun demikian mereka tidak pernah berputus asa untuk terus dapat bertahan hidup dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Desa Sei Nagalawan, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa ini.

Dengan adanya usaha mereka untuk terus dapat bertahan hidup membuat hubungan sosial yang terjalin semakin kuat. Mereka sadar hubungan yang terjalin selama ini memberikan manfaat yang cukup besar bagi kelangsungan hidup keluarga pa ra nelayan tradisional. Manfaat tersebut dapat berupa hubungan yang bersifat timbal - balik, yang kesemuanya itu hanya mereka dapatkan melalui hubungan sosial. Oleh karena itu, dalam menjalin suatu hubungan masyarakat di Desa Sei Nagalawan, tidak pernah mema ndang status maupun derajatnya.

Hubungan sosial yang terjalin pada masyarakat desa Sei Nagalawan juga termasuk pada hubungan antara keluarga yaitu hubungan antara suami dengan isteri, hubungan antara orang tua dengan anak dan hubungan antara anak dengan an ak. Hubungan sosial yang terjalin antara suami dan isteri termasuk dalm hubungan yang bersifat ekonomis, mulai dari adanya sistem pembagian kerja dan mengurus anak khususnya dalam pendidikan. Adanya hubungan antara suami dan isteri dalam pembagian kerja me libatkan hubungan kerja sama sehingga membuat adanya hubungan yang harmonis dan saling pengertian antara mereka.

Hubungan yang terjalin antara orang tua dan anak juga menimbulkan hubungan saling keterbukaan di antara mereka khususnya dalam pendidikan, dimana keluarga nelayan tidak memaksakan anaknya untuk memiliki pendidikan yang tinggi, karena kelak anak - anak dari para nelayan tradisional akan meneruskan pekerjaan orang tuanya yaitu sebagai nelayan. Sementara hubungan antara anak itu sendiri juga saling ada pengertian, dan tidak pernah mengeluhkan kondisi perekonomiannya yang selalu berada pada garis kemiskinan. Oleh karena itu, sang anak tetap berusaha agar kehidupan keluarganya dapat lebih baik dengan jalan mencari kehidupan yang lebih layak lagi dengan mengadu nasib ke kota
Hubungan Sosial Pada Masyarakat Desa Sei Nagalawan
About
Hubungan Sosial Pada Masyarakat Desa Sei Nagalawan - written by Unknown , published at 11.43, categorized as Sejarah . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 DESA SEI NAGALAWAN by
Modified by Idi suwardi, Original by Damzaky