Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai

Kepengecutan yang paling besar adalah ketika kita membuktikan kekuatan kita kepada kelemahan orang lain.
-Jacques Audiberti-

Mata Pencaharian Lain Desa Sei Nagalawan

by Unknown , at 12.18 , has 0 komentar
Buruh Atau Karyawan Pabrik Mata pencaharian lain yang dimiliki oleh masyarakat di Desa Sei Nagalawan sebagai buruh pabrik yang mayoritas pekerjanya adalah anak laki - laki dewasa yang ada di desa ini. Menurut mereka menjadi buruh pabrik lebih menjamin hidup dengan gaji yang lumayan besar. Di Desa Sei Nagalawan terdapat 1 (satu) pabrik yang letaknya ± 5 km dari Desa Nagalawan yang disebut dengan AQUAFARM dengan ikan sebagai bahan bakunya. Ikan tersebut di peroleh melalui para nelayan dengan toke sebagai perantaranya.

Logo PT. Aquafarm Nusantara
Para buruh yang bekerja pada perusahaan AQUAFARM minimal berpendidikan SMA (Sekolah Menengah Atas). Oleh karena i tu, banyak dari nelayan berusaha agar anak - anak mereka dapat bekerja di luar dari sektor perikanan, walaupun membutuhkan usaha yang cukup keras dalam mewujudkannya. AQUAFARM merupakan salah satu perusahaan yang cukup besar dan tidak sedikit mempekerjakan k aryawannya, yang merupakan perusahaan yang bersifat ekspor dan impor. Berdirinya perusahaan tersebut di desa ini memberikan dampak yang baik dan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan dan pelestarian bagi lingkungan mereka.

Dampak negatif yang ditimbu lkan oleh pabrik tersebut yaitu pencemaran udara (polusi) dan pembuangan limbah kedaerah sungai yang menyebabkan banyak ikan - ikan yang mati, sehingga nelayan tidak dapat menghasilkan ikan karena sudah terkena limbah. Dampak positif yang didapat adalah bahwa dengan bekerja di perusahaan ini dapat membantu para keluarga nelayan dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dan juga meningkatkan perekonomiannya.

Dengan menjadi buruh atau karyawan pabrik juga harus memiliki pengetahuan yang cukup banyak dalam pengelolaan nya. Walaupun, menjadi buruh juga menyita banyak waktu yang dimulai bekerja pada pukul 08.00 - 05.00 sore, tetapi mereka tidak pernah merasa terbebani walaupun dalam kenyataannya tidak demikian. Demi kelangsungan hidup keluarga, mereka harus tetap bertahan, karena resiko menjadi buruh lebih berat dari pada menjadi nelayan ataupun seorang petani. Pekerjaan sebagai buruh yang dilakoni sudah sejak lama, memberikan keberhasilan tersendiri bagi para pemuda setempat, karena menurut mereka dengan menjadi buruh dapat meningkatkan harga diri yang selama ini selalu dianggap tidak layak untuk dapat mencari kehidupan yang lebih baik lagi. Hal tersebut, tidak menjadi permasalahan karena menurut para buruh, ini adalah sebuah tantangan yang benar - benar membuat pemuda setempat di desa ini untuk lebih bekerja keras lagi dalam meningkatkan ekonomi keluarga.
Mata Pencaharian Lain Desa Sei Nagalawan
About
Mata Pencaharian Lain Desa Sei Nagalawan - written by Unknown , published at 12.18, categorized as Sejarah . And has 0 komentar
Next Posting Lama
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 DESA SEI NAGALAWAN by
Modified by Idi suwardi, Original by Damzaky